Bagaimana Tetap Mempunyai Produktivitas Tinggi Ketika Bekerja dari Rumah

Memiliki ruangan atau meja khusus

Orang yang bekerja di rumah, yang bisa juga kita sebut sebagai orang yang bekerja secara jarak jauh adalah orang-orang yang perlu memiliki ruangan khusus di rumah mereka. Kita cenderung mudah kehilangan motivasi ketika kita membuka laptop, duduk di sofa dan berpikir kita dapat bekerja dengan situasi yang terjadi di sekitar kita. “Kita harus memiliki ruang yang dibuat khusus di rumah kita sehingga kita dapat bekerja dalam ruangan dengan sedikit gangguan.

Dengan memiliki ruangan khusus, kita bisa menetapkan batas-batas aturan untuk anggota keluarga bisa masuk ruangan tersebut, jika kita ingin mengurangi gangguan terhadap ruangan tersebut. Dimulai dari menutup pintu ruangan selama jam kerja, menyingkirkan setiap mainan atau hiburan yang akan memikat anak-anak atau anggota keluarga yang lainnya, dan menetapkan aturan khusus selama jam kerja.

Organisir dan Atur Jadwal Kerja kita

Pengaturan sangat penting dalam pekerjaan apa pun, tetapi untuk bekerja di rumah itu merupakan sebuah kebutuhan, terutama karena kita tidak memiliki atasan yang memastikan bahwa pekerjaan kita sudah dilakukan. Pastikan bahwa jadwal pekerjaan kita terencana untuk jangka waktu selama seminggu dan bisa direvisi setiap hari jika diperlukan. Jika Kita ingin libur pada hari Sabtu dan Minggu, paling tidak kita sudah mempunyai jadwal pekerjaan kita pada hari Jumat sebelumnya.

Buatlah sebagai Kebiasaan Rutin

Manusia adalah makhluk yang mempunyai kebiasaan, itulah sebabnya kita membangun rutinitas dan tetap pada rutinitas tersebut ketika kita bekerja di rumah adalah cara yang baik untuk menjaga motivasi dan produktivitas kita. Itu berarti kita harus bangun pagi untuk bekerja, sama seperti jika kita pergi ke kantor, kita juga menentukan waktu untuk istirahat, dan berusaha tidak kemana-mana selama waktu bekerja tersebut. Bagi sebagian orang, mereka bisa bekerja dengan cara tersebut, sementara yang lain mungkin berat dengan cara tersebut, tetapi jika diupayakan dengan baik hasilnya akan baik-baik saja selama itu bagian dari rutinitas kita.

Buatlah Senyaman Mungkin

Aturlah ruangan kita dengan nyaman, atau cari tahu apa yang membuat kita merasa nyaman dalam situasi kerja dan bisa memanfaatkannya. Bagi sebagian orang. Bukan kebetulan bahwa Cafe terkenal seperti Starbucks dipenuhi dengan orang-orang yang nyaman dan bisa mengetik di komputer mereka selama di sana. Ada begitu banyak cara untuk tetap berusaha bekerja di rumah dan selalu tetap termotivasi, karena kita yang bertanggung jawab untuk memotivasi diri kita sendiri.

Dapatkan Mindset yang Tepat untuk Bekerja

Hanya kita yang tahu kebiasaan, motivasi, kelebihan dan kekurangan diri kita, jadi kita maksimalkan apa saja yang membuat kita lebih produktif untuk bekerja di rumah, kebiasaan baik apa yang bisa mendukung kerja tersebut dan apa-apa saja yang membuat kita nyaman, serta apakah kita bisa menghilangkan kelemahan-kelemahan yang membuat kita tidak tercapai target mingguan. Ingat bahwa ketidakmampuan kita untuk tetap fokus karena munculnya sapaan di email atau chat, itu juga termasuk sebuah kelemahan.
Kita ciptakan prosedur yang bisa mengontrol diri kita untuk tetap produktif, misalnya ada alarm setiap 4 jam, atau ada tampilan target tertentu di dinding ruangan atau pengingat yang muncul di layar komputer kita. Semuanya bisa digunakan untuk membuat kita tetap produktif.

Selamat mencoba