Penggunaan iPad yang efektif

Jika Anda mempunyai iPad, apakah Anda sudah menggunakannya dengan efektif ? Maksud saya menggunakan secara efektif itu dengan cara sebagai berikut :

1. Melepaskan laptop atau desktop Anda sama sekali, dan dengan iPad Anda tetap bisa bekerja
2. Tidak menggunakan iPad hanya untuk bermain game, browsing, buka email atau hanya untuk bergaya
3. Bisa menggunakan seluruh atau sebagian besar kemampuan yang disediakan oleh iPad

Jika 3 point diatas Anda sudah bisa semua, maka tidak salah bahwa Anda benar-benar efektif menggunakan iPad. Jadi tidak hanya dipakai hanya untuk mengikuti trand masa kini. Jika Anda menggunakannya hanya untuk browsing, main game dan bergaya, menurut saya Anda hanya membuang-buang uang saja.

Bagaimana menggunakannnya dengan efektif ?

1. iPad Anda harus di jailbreak (jangan tanya soal moral ya mengenai hal ini)
2. Beli aplikasi-aplikasi yang resmi yang bisa dipakai untuk bekerja yaitu Pages untuk mengetik dokumen, Numbers untuk membuat spreadsheet dan Keynotes untuk membuat presentasi
3. Membeli aplikasi-aplikasi pendukung (banyak juga aplikasi pendukung yang gratis) seperti pembaca ebook, networking, pembaca berita dan instant messaging
4. Membeli aplikasi-aplikasi sistem, yang dipakai untuk membaca USB atau SD Card (namanya ifile) dan membeli aplikasi untuk menampilkan di proyektor (namanya display out), belinya di Cydia dan untuk menampilkan Cydia maka iPad Anda harus di jailbreak.
5. Membeli peralatan tambahan, yang utama adalah camera kit yang berfungsi untuk menyambungkan USB atau SD Card dengan iPad. Dan membeli juga VGA Out, yang berfungsi menghubungkan iPad dengan proyektor.
6. Membeli peralatan tambahan lainnya yang sifatnya optional seberti keyboard bluetooth. Atau casing yang keras untuk melindung iPad Anda, jika iPad Anda hanya wifi saja bukan yang 3G, tidak ada salahnya jika Anda membeli mifi, sebuah alat broadband router, yang berfungsi sebagai penghubung wifi dengan internet ke iPad Anda

Jika sudah terpenuhi, coba simpan pekerjaan Anda didalam sebuah USB kemudian buka di iPad Anda, mulailah bekerja disitu. Kemudian mulailah mencoba membuat dokumen langsung dari iPad dan kirimkan melalui email atau dicopy ke flashdisk melalui aplikasi iFile untuk ditransfer ke komputer lainnya.
Cobalah melakukan presentasi langsung dari iPad Anda, jika berhasil Anda akan merasakan sensasi tersendiri,

Saran saya, cobalah masuk dan ikut diforum tentang iPad, baik berbasis website atau melalui mailing list

Silahkan dicoba