Menggunakan dropbox untuk kerja

Saya mengenal dropbox sewaktu membaca infolinux edisi februari 2009, disana dijelaskan bahwa dropbox akan menggunakan satu folder di komputer kita untuk dipublish keluar, artinya bisa diakses dari manapun selama terhubung internet, tentunya dengan cara dan security tertentu. Saya kemudian men-download dropbox di-website-nya yaitu http://www.getdropbox.com, download versi debian karena OS untuk PC dikantor yang saya gunakan adalah ubuntu linux versi hardy. Setelah download saya install dengan perintah sudo dpkg -i namafile.deb, proses install berjalan dengan baik. Setelah install selesai, saya refresh nautilus (file manager di gnome) dengan perintah killall nautilus. Maka icon dropbox (kotak terbuka warna biru) akan muncul di bar nautilus sebelah atas. Saya klik kanan maka muncullah tulisan Start Dropbox, saya klik tulisan itu, eh ternyata dropbox masih mendownload komponen-komponen lainnya. Saya tidak tahu komponen apa saja yang didownload karena yang terlihat hanya proses presentase selesainya proses download tersebut. Setelah proses download komponen selesai maka muncullah proses register, anda bisa langsung skip jika sudah mempunyai account dropbox. Kemudian ditanyakan folder mana yang akan ditempatkan folder dropbox, maka kita harus memilih salah satu folder. Setelah selesai, maka akan tercipta 1 folder dengan nama dropbox, didalam folder dropbox tersebut akan tercipta 2 folder lagi (photo dan public) dan beberapa file sample dan petunjuk. Kita bisa meletakkan foto-foto kita di folder foto dan file-file kerjaan di folder public. Didalam folder tersebut juga bisa ditambah folder-folder lainnya selama itu dibutuhkan. Untuk mengakses folder dan file di komputer tersebut melalui internet, kita bisa menbuka browser dan masuk ke http://www.getdropbox.com setelah itu kita masukkan username dan passwordnya. Maka seluruh folder dikomputer sebelumnya dan isinya akan terlihat disitu dan bisa kita download. Kita juga bisa upload dari luar kantor kita melalui browser tersebut. Dengan kapasitas 2 MB anggap saja kita membawa flashdisk virtual kemanapun kita pergi, lagi pula jika kita meletakkan foto, maka kita bisa memamerkan foto itu kesemua teman selama komputer kita tidak off. Kita bisa menambah kapasitasnya dengan cara mengundang dropbox ke teman-teman kita. Satu teman yang menerima undangan kita akan menambah 250 MB, dan maksimun kapasitas kita menjadi 3 GB, kecuali kalau kita bisa membeli account premium, bisa mencapai 50 GB setahun. Untuk lebih jelasnya. Silahkan buka http://www.getdropbox.com