iPhone bisa apa

Baru-baru ini ada undangan untuk seluruh penduduk indonesia yang ingin memiliki iPhone secara resmi dengan garansi dari Apple, undangan tersebut bisa diliat di http://www.telkomsel.com/iphone dan undangan tersebut merupakan pesanan perangkat iPhone secara resmi melalui Telkomsel.
iPhone yang dipesan tersebut merupakan iPhone generasi terbaru yaitu iPhone 3G dengan 2 macam warna hitam dan putih serta 2 macam kapasitas 8 GB dan 16 GB.
Bagi yang mungkin ragu-ragu tentang apa yang bisa dan apa yang tidak bisa dilakukan oleh iPhone, maka bersama ini saya menuliskan pengalaman saya menggunakan iPhone :

Yang tidak (belum) bisa :
– Mengirim dan menerima MMS
– Video Call cam to cam, walau sudah 3G tetapi tidak ada kamera didepan
– Membuat aplikasi office (kecuali spreadsheet, sudah ada aplikasinya)
– Menggunakan aplikasi java
– Mengirim dan menerima file melalui infrared (tidak ada port)
– Mengirim dan menerima file melalui bluetooth , bluetooth hanya dipakai untuk voice, bahkan untuk mendengarkan musilpun tidak bisa, Apple menganggap transmisi bluetooth akan mengurangi kualitas musik
– Menambah aplikasi sebanyak-banyaknya, memory flash dibagi 2 partisi, partisi pertama sebesar 500 MB untuk sistem dan aplikasi, sisanya untuk data – Memakai speaker dengan suara keras (speakernya kecil)
– Menonton video dengan berbagai format
Yang bisa dilakukan iPhone adalah :
– Sama dengan fungsi telepon selular lainnya yaitu telepon dan sms
– Memainkan musik dengan suara yang amat baik, apalagi kalau kita memakai earphone atau headphone yang berkualitas tinggi, maka suara yang dihasilkan akan menakjubkan.
– Menonton video dengan gambar berkualitas tinggi, Apple tidak mengijinkan menonton dengan format seadanya seperti format 3gp yang dianggap berkualitas rendah.
– Membuat penjadwalan yang bisa di-sinkron-kan dengan komputer (melalui iCal di Mac)
– Memotret dan menyimpan foto sebanyak sisa isi memory
– Melihat peta dari Google Map dan melihat dunia melalui Google Earth (aplikasi default)
– Menonton YouTube (aplikasi default)
– Melihat ramalan cuaca seluruh dunia (aplikasi default)
– Menghitung dengan kalkulator standar
– Berselancar dengan Safari yang merupakan sebuah browser, sekali lagi saya sebut disini sebuah browser, jadi yang dilihat pada sebuah website adalah website asli, bukan versi WAP (Wireless Aplcation Protocol), karena layar iPhone cukuplebar dan layak untuk melihat sebuah website secara utuh.
– Membuat catatan-catatan kecil
– Mengirim dan menerima email dengan sangat mudah, bahkan sudah bisa melakukan koneksi push mail
– Bermain game yang bagus-bagus, apalagi game yang dilengkap dengan gesture control, sudah sangat banyak dan merupakan game yang biasa di iPhone
– menambah aplikasi yang amat sangat berguna, bisa yang gratis atau yang bayar. Ini yang merupakan salah satu nilai tambah bahwa pada iPhone tersedia begitu banyak aplikasi yang bisa dipakai dan amat sangat berguna.

Berikut ini adalah contoh aplikasi yang terpakai di iPhone-ku sekarang
– Balance, untuk mencatat keuangan
– MoodTouch, untuk mendeteksi mood melalui sentuhan jari
– BlogPress, iBlogger dan BlogWrite untuk menulis blog
– iWakeup, untuk alarm dengan suara natural dan berbunyi dari pelan ke keras
– Sketch, untuk membuat sketch
– Files, untuk membaca semua file gambar, pdf dan file office (spreadsheet, dokumen, presentasi)
– VoiceNote, untuk merekam suara, sangat berguna jika kita mengikuti rapat
– TouchCalc, aplikasi kalkulator multi fungsi
– Converter, untuk membuat perhitungan segala macam konversi data
– Currency, untuk melihat kurs mata uang seluruh dunia secara online
– AntiMosquito, aplikasi yang akan mengeluarkan suara yang dibenci nyamuk, sehingga kita dijauhi nyamuk
– Secret, aplikasi hiburan yang membaca rahasia-rahasia orang yang sengaja menuliskan rahasianya diseluruh dunia
– MindMaker, aplikasi untuk penggunaan MindMap (Tonyy Buzan)
– Hibiorhyhtm, untuk melihat siklus bioritmik kita
– TodoList, untuk membuat apa-apa yang akan kita kerjakan
– BrainHack, iBrainWave dan MindFreak, aplikasi yang mengeluarkan suara dengan frekuansi tertentu yang berguna untuk men-stimulus otak kita
– Facebook, untuk menulis kegiatan kita di facebook
– VNC, untuk melakukan remote control sebuah komputer, sudah saya lakukan di kantor (pada laptop Linux dan PC Linux Ubuntu, sangat bermanfaat sewaktu rapat, apalagi berbeda lantai) dan di rumah (pada iBook)
– FreeRSS, untuk membaca cuplikan berita
– BeejiveIM, untuk chatting dengan multiprotokol
– BiteSMS, untuk mengirim sms dengan fungsi forward
– MCleaner, untuk mengeblok telepon dan sms tertentu

Kelebihan lain iPhone adalah :
– Multitouch, yang membuat kita bisa memperbesar sebuah website atau gambar dengan menggeserkan 2 jari atau lebih, banyak aplikasi yang dibuat menggunakan fasilitas ini, contohnya adalah pianist, memainkan piano dengan banyak tekanan jari
– Gesture Control, yang memungkinkan kita memutar-mutas iPhone untuk memudahkan pembacaan dan penggunaan. Banyak aplikasi game yang menggunakan ini, seperti golf, bowling, mancing dan lain-lain.
– Tersedia begitu banyak aplikasi dan game di Apple store, baik yang gratis dan bayar.Apple store merupakan pusat pertemuan antara pembuat aplikasi dan pengguna aplikasi

Tambahan :
Mengapa sudah banyak yang memakai aplikasi iPhone sekarang ini di Indonesia, padahal Telkomsel baru saja memulainya secara resmi. Ada dua macam iPhone yang beredar di Indonesia, yaitu iPhone yang di lock, hanya beredar di luar negeri dan disubsidi oleh salah satu operator disana, karena disubsidi, maka harganya menjadi rendah.iPhone ini kemudian di unlock dan dijual dengan bebas dengan harga sedikit diatas harga subsidi. Harap hati-hti menggunakan iPhone jenis ini, karena suatu saat, jika ada kesalahan pemakaian, maka iPhone ini bisa ter-lock tanpa kita sengaja.
Ada pula iPhone factory unlock, iphone yang tidak dilock dan tidak di subsidi, sehingga merupakan harga asli yang dikeluarkan oleh Apple. iPhone factory Unlock juga belum dikeluarkan untuk pasar Indonesia, yang beredar di Indonesia merupakan pembelian dari luar negeri.

— Post From My iPhone 2,5 G, 8GB