Auto Start dengan Screensaver

Di kantorku, PLN Cabang Palembang, memakai komputer dengan OS  Linux Ubuntu untuk sharing sekitar 40 komputer + 2 buah jaringan wifi. Komputer dengan Ubuntu ini terhubung dengan internet juga memakai speedy telkom, dan internet ini juga di share dengan komputer lainnya. Boleh dikatakan komputer ini berfungsi sebagai server merangkat PC Router.
Saya dan Rifki tidak mungkin untuk selalu standby dikantor, menghidupkan komputer itu kalau pas lampu mati lebih dari 10 menit (jangan dikira kalau di kantor PLN tidak pernah mati lampu). Kalau dibawah 10 menit, masih ada UPS yang menyuplai listrik sementara. Jadi yang dilakukan dengan komputer itu adalah autologin tanpa password (sebuah keputusan yang berbahaya). Namun sebagai proteksi, kami membuat screensaver aktif jika tidak diakses selama 2 menit, dan untuk membuka screensaver itu, harus menggunakan password, supaya orang lain, selain kami berdua, tidak bisa menggunakan komputer itu. Kenapa autologin tanpa password ? Supaya orang lain bisa menghidupkan komputer itu jika salah satu dari kami tidak ada, jika terjadi mati lampu yang lama.
Karena diruangan server tersebut juga dipakai sebagai tempat kerja, telah terjadi sesuatu yang menurutku amat riskan. Ada seseorang yang ingin menggunakan komputer itu, lalu mematikan komputer dan menghidupkannya lagi, dan sebelum 2 menit (sebelum screensaver aktif), dia lalu menggunakannya, sehingga akhirnya diapun bebas menggunakannya. Untung ketahuan, sehingga data-data penting tidak diakses oleh dia, padahal dia bukan pegawai PLN, sungguh amat berbahaya.
Akhirnya dipikirkan, bagaimana kalau autologin tetap diaktifkan, namum pada saat startup, langsung menjalankan screensaver. Setelah uji coba di laptop, akhirnya ditemukan cara sebagai berikut :

install xdg-utils
$ sudo apt-get install xdg-utils

Lalu jalankan Session (sesi dalam bahasa Indonesia), System – Pengaturan – Sesi
Terus tambahkan (klik +Add), isi keterangan yang dianggap perlu.

Pada command isikan perintah xdg-screensaver lock

setelah itu close. Namun jangan lupa bahwa Ubuntu Anda sudah dalam status auto login (System – Pengaturan – Jendela Login – Tab Security – centang Enable Automatic Login

Setelah itu di restart saja untuk mencobanya.