Berlangganan Internet di MDP Net

MDP (Multi Data Palembang) merupakan perusahaan komputer yang cukup ternama di Palembang. Usahanya banyak, mulai dari penjualan komputer dan accesorries-nya, dealer beberapa perusahaan komputer ternama, tempat reperasi komputer, sekolah S1 untuk jurusan komputer, kursus-kursus yang cabangnya tersebar di banyak tempat, penyediaan jasa webhosting, penyediaan jasa desain dan akhirnya penyediaan bandwidth sebagai sebuah ISP.

Pada awal aku berlangganan ISP di MDT Net, MDP menyewa bandwidth dari Telkom, sehingga IP Address yang ada dikomputerku adalah IP Address Telkom. Dengan menyewa bandwidth dari Telkom ini, maka smtp server yang kupakai adalah smtp.telkom.net dan aku tidak perlu kawatir jika temanku di kantor memakai akses rapidshare di kantor karena dikantor juga memakai speedy. Tidak semua berjalan mulus, mungkin sekitar 5 kali aku mengalami gangguan koneksi dan pelayanan gangguan cenderung lambat sekali, apalagi kalau gangguannya pada hri sabtu atau minggu, wah jangan harap diperbaiki dengan cepat, alasannya petugas gangguannya sedang libur.
Beberapa hari ini aku mengalami keanehan, pertama aku tidak bisa mengirim email melalui smtp.telkom.net, kedua aku tidak bisa membuka website yang berakhiran blogspot.com dan wordpress.com, ketiga aku tidak bisa membuka website-website tertentu, keempat aku tidak bisa menarik email di MTI dan di server websiteku dan kelima adalah koneksi chat di Adium menjadi kacau balau. Untung Google dan beberapa website tertentu masih bisa diakses. Dua hari yang lalu saya mengirim email komplain ke salah satu personal MDP, itupun mengirim emailnya harus melalui webmail, satu atau dua hari tidak ada balasan, dan celakanya pada hari ketiga, datang email lagi yang isinya bahwa emailku tidak pernah sampai karena email yang dituju tersebut tidak ada. Akhirnya aku iseng-iseng membuka speedtest.net, setelah aku test ternyata akses internet yang ada dikomputerku cepat sekali, dan yang bikin aku terkejut adalah, komputerku memakai koneksi dari Indosat. Wah pantas semuanya menjadi kacau balau.

Akhirnya setelah mengetahui bahwa koneksi internet pindah dari Telkom ke Indosat, aku mencoba mencari tahu berapa saja DNS Indosat, setelah didapat dan aku masukkan ke setting iBook, Akhirnya koneksi internetku cepat seperti biasa.

Pertanyaannya, mengapa MDP tidak memberitahukan ini kepada pelanggannya ? Apakah mereka mengharapkan pelanggan selalu mencari solusinya sendiri ? Atau mereka mengharapkan pelanggan akan menilai jelek pelayanannya ? Untuk yang terakhir, MDP sudah mendapatkannya dari saya.