Menggunakan iPhone

Setelah sekian lama menunggu kapan ada iPhone bisa masuk kota Palembang, akhirnya ada juga yang bisa memasok iPhone di kota Palembang. Dan ternyata yang memasok iPhone tersebut adalah temanku sendiri, teman sejak kuliah di elektro unsri dulu, temanku ini namanya Dodi Hendarman. Dia dan Istrinya merupakan teman sejak kuliah dulu.
Aku membeli iPhone dari temanku ini iPhone dengan kapasitas 8 GB. Dia mengajariku bagaimana mengoperasikan iPhone secara singkat, bagaimana menambah aplikasi dan bagaimana membuat koneksi antara iPhone dengan komputer, khususnya dengan iBook-ku.
Dari pengalamanku memakai iPhone sampai selama ini, ada satu kesimpulan yang kudapat bahwa iPhone itu bukan hanya sebuah telepon, tetapi dibuat untuk membantu menghibur dengan segala fasilitas didalamnya. Dan menurutku iPhone itu hanya sebuah iPod Touch yang ditambah kemampuan seluler didalamnya. Nah fasilitas yang ada didalam iPod Touch itu yang menurutku luar biasa. Misalnya layar sentuhnya yang sangat sensitif dam multitouch, multitouch artinya bisa mengenali beberapa sentuhan sekaligus dan meresponnya dengan sangat cepat. Dsamping itu juga menyediakan fasilitas standar iPod seperti memutar lagu dan menonton film-film dengan resolusi layar yang tinggi. Cuma masalahnya tidak semua file video disupport oleh iPhone, salah satu format yang disupport adalah mp4 dan m4v. Sehingga perlu konversi dulu dari format lain ke format yang disupport oleh iPhone untuk menonton video di iPhone.
Selain itu didalam iPhone kita bisa menerima dan mengirim email, apalagi kalau kita punya account di Yahoo dan Google, iPhone akan mensettingnya secara otomatis, kita tidak usah pusing memikirkan semua setting pop3 dan smtp server. Kalau kita memasukkan email diluar itu, baru kita harus menyediakan data-data pop3 dan smtp server supaya kita bisa menggunakan email didalam iPhone.
Disamping itu juga tersedia browser Safari, jadi ini benar-benar browser bukan browser emulator atau wap browser. Dengan safari kita bisa mengakses internet seperti kita menggunaan komputer yang mengakses internet. Cuma ada masalahnya bahwa kita tidak bisa menyimpan apa yang kita lihat di browser safari itu.
Oh ya, ada dua cara untuk melakukan koneksi internet yaitu melalui wifi dan melalui GPRS, jika ada sinyal wifi, maka iPhone akan melakukan koneksi secara otomatis (bikin boros batere sih) dan kalau tidak ada, baru melakukan koneksi melalui GPRS (nah ini bikin boros duit).
Disamping itu iPhone juga sudah mempunyai beberapa aplikasi yang dianggap berguna yaitu Calendar, YouTube untuk melihat file dari YouTube, Stocks untuk melihat pergerakan saham, Maps untuk melihat peta, dan Weather untuk melihat ramalan cuaca.
Bagaimana dengan aplikasi-aplikasi tambahan, iPhone sudah menyediakan sources list standar yang sesuai dengan keamanan dan kompabilitas iPhone. Sources List akan dilhat aplikasi Installer sebagai daftar aplikasi yang bisa didownload (melalui wifi atau GPRS) dan diinstall di iPhone. Asalkan kita mau berburu aplikasi di Internet, banyak sekali aplikasi iPhone yang tersedia. Disamping itu juga, banyak juga website yang menyediakan fasilitas untuk iPhone yang bisa digunakan sebagai aplikasi, artinya website berfungsi sebagai aplikasi dan dijalankan di browser Safari.
Walau harganya cukup mahal, saya tidak rugi membeli dan memakainya.