Implementasi i-SMS 8123

PT PLN (Persero) menurut rencana sudah mencanangkan implementasi i-SMS 8123, suatu program pengaduan gangguan, info gangguan (posko bencana alam), info rekening dan koreksi rekening melalui sms di HP. Perencanaan sudah matang, semua unit (Rayon dan Ranting) sudah diberi pemberitahuan, operator-operator gangguan sudah diberi pelatihan singkat sebanyak dua kali, juga sudah didatangi satu per satu ke semua unit untuk pengecekan, kesiapan unit dan pelatihan singkat. Juga diberikan info person yang bisa dimintai tolong, nama dan nomer HP, baik di cabang maupun di wilayah, sehingga tidak alasan unit-unit tersebut menyatakan diiri tidak siap.

Sewaktu gladi kotor, yang informasinya mendadak sekali, saya harus stand by didepan komputer memonitor pesan-pesan sms yang masuk ke unit-uniit.  Yang namanya memonitor itu artinya harus memeloti, meng-klik menu info sms dan memelototi lagi, kenapa harus begitu ? Karena program aplikasi i-SMS itu tidak bisa refresh secara otomatis dan tidak ada pemberitahuan kalau ada sms yang masuk.

Walau sudah diberi surat satu hari sebelumnya bahwa ada gladi kotor i-SMS, unit-unit tersebut ternyata juga tidak siap, tidak memperhatikan sms di komputer mereka, apakah masuk atau tidak. Jadi tetap saja unit-unit tersebut membutuhkan unit diatasnya (cabang atau wilayah) untuk info sms yang masuk ke komputer mereka. Benar-benar mubazir implementasi ini.

Belum lagi dikantor cabang, pegawai-pegawai yang ditunjuk untuk memonitor i-SMS benar-benar tidak serius. Mungkin tidak ada rewar and punishment untuk mereka, jadi dilaksanakan atau tidak, ya tidak ada kaitannya dengan mereka.

Capek deh

Pada tanggal 4 Januari 2008 kemarin, rencananya akan diadakan launching i-SMS 8123 khusus untuk PLN Cabang Palembang, karena PLN Cabang Palembang dianggap paling siap dalam melaksanakan program i-SMS. Namum sayang rencana tersebut gagal karena Direksi PLN datang ke Palembang hanya untuk melantik kepengurusan Percasi Sumatera Selatan (gak ada hubungannya ya) dan tidak mengalokasikan waktu untuk acara tersebut.

Mudah-mudahan kejadian ini tidak mencerminkan kegagalan i-SMS dimasa mendatang. Oh ya sejak hari pembatalan tersebut, saya tidak pernah lagi melihat apakah ada sms yang masuk ke program i-SMS 8123, soalnya capek melototin layar komputer terus.