Presentasi real time dengan menggunakan TiffanyScreens

Jika Anda ingin mengajari satu atau lebih seseorang tentang sesuatu di komputer Anda dan Anda tidak mempunyai sebuah proyektor untuk menampilkan isi komputer Anda, tentunya Anda akan mengalami kesulitan dalam menjelaskan isi komputer Anda tersebut. Kalau satu orang mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika sudah lebih dari 3 orang dan semuanya berebut melihat isi layar Anda, maka akan sangat merepotkan.

Untuk situasi ini, ternyata sudah ada solusinya, yaitu menggunakan program aplikasi yang bernama TiffanyScreen (http://www.tiffanyscreens.com), sebuah aplikasi yang diciptakan untuk multiplatform (Macintosh, Windows dan Linux)

Syarat utama supaya bisa memakai aplikasi ini, adalah menginstall aplikasi TiffanyScreen di komputer masing-masing sesuai dengan platformnya, pada komputer yang memakai sistem operasi Linux, harus sudah terinstall java environment terlebih dahulu, karena hanya di Linux, TiffanyScreen dibuat dengan program Java. Syarat lainnya adalah semua komputer tersebut berada didalam satu jaringan yang sama, bisa melalui kabel atau wifi.

Yang dilakukan oleh TiffanyScreens adalah mem-broadcast isi layar melalui program TiffanyScreens dan isi layar tersebut ditangkap dan ditampilkan oleh program TiffanyScreens di komputer lainnya, jadi apa yang dikerjakan oleh komputer tersebut akan terlihat jelas apa adanya.

Ada 5 saluran yang bisa dipakai yaitu Aviara, Bacara, Claramont, Doral, dan Eden Roc, dan masing-masing saluran ini bisa dipakai pada saat bersamaan. Artinya begini, misalnya si A ingin mengajari tentang Linux untuk teman-temannya sedangkan si B ingin mengajari tentang Blog untuk teman-temannya, maka si A dan si B bisa menggunakan TiffanyScreens dan jaringan pada saat bersamaan tetapi menggunakan saluran yang berbeda. Misalnya si A menggunakan Claramont dan si B menggunakan Bacara. Jadi maksimal bisa menggunakan TiffanyScreens untuk lima keperluan yang berbeda.

Cara ini lebih praktis jika kita masuk kedalam jaringan kantor atau kampus dan melakukan pembelajaran jarak jauh.

Silahkan mencoba.